0 votes
by (180 points)
Ulasan penggunaan minyak atsiri lengkuas pada pakan sapi perah situs lgo4d menjadi terminasi kajian Betari Ratih Ayu Daning, S.Pt., M.Sc saat mengusahakan bersekolah Program Doktor Fakultas Peternakan UGM. Ia menetapi kajian tertulis mengingat sejauh ini kajian penggunaan minyak atsiri lengkuas buat komposisi kuman rumen, fermentasi dan metabolism nutrient pada sapi perah belum sudah dilakukan.

Melalui penelitiannya ia berharap dengan memodifikasi desain fermentasi rumen dapat menjelmakan metan, memproteksi protein dari penyusutan rumen, dan menghambat biohidrogenasi asam lemak tidak jenuh, sebab tingginya peranakan asam lemak jenuh pada susu selama ini menjadi isu utama dalam pembeberan produk sapi perah.

"Data BPS tahun 2020 menyebut produksi susu dalam distrik hanya mampu mengakhiri 22 uang rokok dari keperluan nasional sehingga sisa hina 78 ganjaran menjadikan dari impor dan tingginya kandungan asam lemak jenuh pada susu disinyalir menjadi salah satu penyebab penyakit kardiovaskular," ujarnya di Auditorium drh. Supardjo, Fakultas Peternakan UGM, Senin (20/3) saat memaksakan ujian terbuka.

Memperkuat disertasi bertajuk Kajian Potensi Minyak Atsiri Dari Rimpang Lengkuas (Alpinia galangal) dan Aplikasinya Bagi Komune Mikroba Patokan Fermentasi, Kecernaan Nutrien Rumen, Produksi dan Komposisi Susu Pada Sapi Perah, ia mengusut rendemen minyak atsiri yang diekstrak dari rimpang lengkuas beserta komposisi bioaktifnya.

Dalam ujiannya, ia pula menyelidiki pengaruh ukuran minyak atsiri dari rimpang lengkuas untuk pengurangan metan, kecernaan protein, dan pertambahan asam lemak tidak jenuh pada fermentasi rumen secara in vitro, serta menyelidiki pengaruh skala minyak atsiri dari rimpang lengkuas untuk menanjakkan estimasi sintesis protein bakteri rumen, kecernaan nutrient, produksi dan komposisi susu sapi perah.

Dalam ceramah ini, Batari Ratih menetralkan beberapa kebaruan diantaranya penggunaan lengkuas apabila mata air minyak atsiri, modulasi minyak atsiri lengkuas terhadap profil patogen rumen melalui teknologi next generation seguencing, pemilihan bentuk optimal untuk memaksimalkan produksi dan mutu susu serta meminimalkan produk samping fermentasi rumen bertampang CH4, dan NH3 pada rumen sapi perah.

Pembahasan ini dilakukan pada sapi perah dengan perlakuan kompensasi minyak atsiri 2,5ml/ekor/hari selagi 30 hari yang mampu mengerek standar linoleat susu dan tidak berpengaruh pada konsumsi, kecernaan nutrien, produksi, dan komposisi susu yang dihasilkan oleh sapi perah. Bakteri Ruminococcus dan skala propionate mewarisi perbanyakan meskipun pH serta protein kuman tidak tercegah kadarnya. "Dari penelitian membuktikan bahwa asam lemak dalam rumen menerima perbanyakan untuk total asam lemak tidak jenuh," ungkapnya.

Didampingi promotor Prof. Dr. Ir. Lies Mira Yusiati, SU., IPU., ASEAN Eng, dan ko-promotor Dr. Ir. Chusnul Hanim, M.Si., IPM., ASEAN Eng. dan Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto, DESS., DEA., IPU., ASEAN Eng, Bidadari Ratih menyebut penggunaan minyak atsiri lengkuas pada pakan sapi perah butuh dilakukan optimasi usaha yang tepat saat pahala sebagai spontan pada pakan sapi perah maka semua parameter dapat tercerna. Menurutnya perlu dilakukan kajian pemakaian minyak atsiri pada sapi perah fase early-laktasi.

Andaikata implikasi dari Pembahasan minyak atsiri lengkuas pasti mengilhamkan produksi metan dan NH3 di dalam fermentasi rumen secara in vitro. Hal ini menetapkan adanya benturan pemakaian minyak atsiri lengkuas untuk memutus masalah pencemaran situasi yang disebabkan oleh proses fermentasi rumen dari ruminansia," ucapnya.

Peri Ratih Ayu Daning yakni Dosen dari Politeknik Pembangunan Pertanian Malang. Pernah berhasil dalam ujiannya, ia dinyatakan resmi menyandang gelar doktor ke-5780 di Kampus Gadjah Mada dan ke-151 yang lulus ujian di Program Tuntut ilmu Doktor Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan UGM. Ia yakni salah satu alumni Doktor Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan UGM dengan predikat Cumlaude dengan masa menuntut ilmu paling cepat 3 tahun 6 Tanggal.

Your answer

Your name to display (optional):
Privacy: Your email address will only be used for sending these notifications.
Welcome to FluencyCheck, where you can ask language questions and receive answers from other members of the community.
...